RSUD Cibinong

STRATEGIS BERDASARKAN TUGAS DAN FUNGSI

TUGAS, FUNGSI DAN STRUKTUR ORGANISASI RSUD CIBINONG

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, RSUD Cibinong Kabupaten Bogor tidak terlepas dari berbagai permasalahan yang dihadapi, permasalahan tersebut antara lain :

  1. Terbatasnya fasilitas sarana dan prasarana Rumah Sakit yang berhubungan dengan daya tampung pasien BPJS;
  2. Keterbatasan obat dan alat kedokteran dalam pelayanan kesehatan pasien khususnya kelas III;
  3. Bertambahnya jenis pelayanan menyebabkan kurangnya tenaga medis, paramedis dan petugas administrasi;

 

PENENTUAN STRATEGIS

Perumusan strategis didasarkan analisis terhadap lingkungan internal dan eksternal yaitu peluang dan ancaman serta memperhatikan kekuatan dan kelemahan pada RSUD Cibinong Kabupaten Bogor dalam melaksanakan  tugas pokok dan fungsi serta misi sebagai lembaga pelayanan kesehatan yang berdasarkan pendekatan seperti diuraikan dalami UU 25/2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional , maka strategis yang menjadi acuan atau dasar dalam menentukan  program dan kegiatan yang diprioritaskan selama lima tahun ke depan (2013-2018) adalah peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin melalui program Jampesehat yang secara bertahap terintegrasi dalam program  Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dilaksanakan oleh BPJS Analisa strategis untuk mendukung kebijakan yang telah ditetapkan sebagai berikut :

 

Strategi S-O

  1. Dengan adanya peraturan yang mengatur RSUD Cibinong sebagai sebuah SKPD yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD), maka RSUD Cibinong diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Bogor ;
  2. Dengan Kepercayaan yang diberikan oleh Pimpinan Dearah terhadap RSUD Cibinong maka diharapkan mampu untuk dipertahankan dan ditingkatkan kualitas dan kuantitas pelayanannya.

 

Strategi W-O

  1. Segera disusun Keputusan Bupati  tentang Penerapan PPK BLUD sehingga menjadi acuan pelaksanaan manajemen kesehatan yang akuntabel.
  2. Pendidikan dan Pelatihan secara intensif bagi tenaga medis dan non medis untuk meningkatkan profesionalisme dan jenis pelayanan kesehatan Rumah Sakit.

 

Strategi S-T

  1. Meningkatkan ketersediaan tempat tidur kelas III Rumah Sakit.
  2. Melaksanakan akreditasi pelayanan Rumah Sakit (16 pelayanan)

 

Strategi W-T

  1. Mengembangkan fasilitas sarana dan prasarana Rumah Sakit
  2. Meningkatkan profesionalisme SDM Rumah Sakit.

 

 

 

2017 © RSUD Cibinong