RSUD Cibinong

 

 

 

 

 

 

11 MAHASISWA JEPANG BELAJAR KE INSTALASI GIZI RSUD CIBINONG KABUPATEN BOGOR

 Pelayanan gizi di rumah sakit memiliki tujuan untuk terciptanya sistem pelayanan gizi yang bermutu dan paripurna sebagai bagian dari pelayanan kesehatan rumah sakit. Pelayanan yang bermutu dan paripurna tersebut dapat dilaksanakan dengan menyelenggarakan kegiatan pelayanan gizi yang meliputi asuhan gizi terstandar pada pelayanan gizi rawat jalan dan rawat inap, menyelenggarakan makan sesuai standar kebutuhan gizi dan aman dikonsumsi, menyelenggarakan penyuluhan dan konseling gizi pada klien/pasien dan keluarganya, serta menyelenggarakan penelitian aplikasi di bidang gizi sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

1

2_2

3_2

Sabtu 19 Agustus 2017, Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong kedatangan rombongan mahasiswa dari University of Niigata Perfecture Jepang. Rombongan yang berjumlah 11 mahasiswa tersebut didampingi oleh perwakilan dari kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Ibu Purnawati Hustina, S.Gz, M.Gizi. Dimana memang kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Instalasi Gizi RSUD Cibinong dengan IPB.

Rombongan ini diterima oleh dr.Fusia Meidiawaty, SH, MH.Kes dan H.Solihin, SKM selaku perwakilan dari manajemen Rumah Sakit di Ruang Breafing Direktur. Pada kesempatan ini pula dr.Fusia Meidiawaty, SH, MH.Kes memaparkan sekilas mengenai Profil RSUD Cibinong, yang kemudian dilanjutkan presentasi oleh Ibu Maria Tambunan, SKM, M.Kes RD selaku kepala Instalasi Gizi RSUD Cibinong.

Ke-11 mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa gizi dari tingkat atau semester yang berbeda-beda, ada yang baru semester awal, dua bahkan empat. Maksud kedatangannya adalah untuk belajar dan sharing bagaimana pelayanan Gizi di RSUD Cibinong mulai dari penyiapan bahan makanan, pengolahan, hingga pendistribusian makanan ke pasien. Bahkan dalam kesempatan ini pula ke-11 mahasiswa tersebut didampingi oleh ahli gizi RSUD Cibinong untuk melihat secara langsung pasien yang sedang dirawat di ruang Flamboyan dan Melati 1.

Selain mengunjungi pasien di rawat inap, rombongan ini juga secara langsung melihat proses pengolahan bahan makanan di Instalasi Gizi mulai dari proses persiapan bahan makanan, memasak, menyajikan, hingga pendistribusian. Ke-11 mahasiswa ini sangat antusias melihat tahap-demi tahap proses pengolahan makanan yang ada, bahkan dalam kesempatan ini mereka bisa mencicipi langsung beberapa makanan ringan yang telah diolah.

Pada dasarnya kegiatan ini, saling memberikan ilmu baru antara RSUD Cibinong, IPB dan Universitiy of Niiagata Perfecture Jepang. Bukan hanya dari rombongan saja tentunya yang mendapatkan ilmu baru, tetapi kami RSUD Cibinong juga mendapatkan ilmu baru dari mahasiswa Jepang tersebut. semoga dengan ilmu dan pengalaman baru ini menjadikan kedua belah pihak lebih optimal lagi dalam memberikan pelayanan gizi.



2017 © RSUD Cibinong