HAL-HAL YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG NOVEL CORONAVIRUS (COVID-19)

COVID-19 – atau yang dikenal dengan novel coronavirus –  sedang menjadi topik utama belakangan ini. Meskipun virus ini menyebar dengan cepat di berbagai wilayah di Asia dan sekitarnya, ada tindakan-tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko penularan dan penyebaran.

Novel coronavirus (CoV) adalah galur baru dari coronavirus.

 

Penyakit ini, yang disebabkan oleh novel coronavirus yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan, Tiongkok, diberi nama coronavirus disease 2019 (COVID-19) –  ‘CO’ berasal dari corona, ‘VI’ berasal dari virus, dan ‘D’ berasal dari disease (penyakit). Sebelumnya, penyakit ini disebut dengan ‘2019 novel coronavirus’ atau ‘2019-nCoV.’

COVID-19 adalah virus baru yang berasal dari satu keluarga yang sama dengan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan beberapa jenis flu biasa.

Virus ini ditularkan melalui kontak langsung dengan percikan dahak dari orang yang terinfeksi (melalui batuk dan bersin), dan jika menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus. Virus ini dapat bertahan selama beberapa jam di permukaan, tetapi disinfektan sederhana dapat membunuhnya.

Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia atau kesulitan bernapas. Walaupun jarang terjadi, penyakit ini bisa berakibat fatal.

Gejala-gejala ini mirip dengan flu (influenza) atau pilek biasa, yang jauh lebih umum daripada COVID-19. Untuk itulah diperlukan pengujian lebih lanjut untuk mengetahui apakah seseorang menderita infeksi novel coronavirus. Penting untuk diingat bahwa langkah-langkah pencegahan utamanya sama – sering cuci tangan, menutup mulut dan hidung ketika batuk atau bersin dengan bagian dalam siku atau dengan tisu, lalu buang tisu ke dalam tempat sampah yang tertutup). Selain itu, tersedia juga vaksin untuk flu – jadi pastikan Anda dan anak Anda mendapatkan vaksin flu yang sudah diperbarui.

Ada lima tindakan pencegahan yang dapat Anda ambil untuk mencegah infeksi pada Anda dan keluarga:

  • Sering cuci tangan menggunakan sabun dan air, atau antiseptik berbasis alkohol
  • Tutup mulut dan hidung Anda ketika batuk atau bersin dengan bagian dalam siku
  • Jaga jarak dengan orang yang memiliki gejala demam atau flu
  • Cek ke dokter jika Anda mengalami demam, batuk, atau merasa sesak napas
  • Hindari kontak langsung dengan hewan atau permukaan yang disentuh hewan

Penggunaan masker medis disarankan jika Anda memiliki gejala pernapasan (batuk atau bersin) untuk melindungi orang lain. Jika Anda tidak memiliki gejala apa pun, maka tidak perlu menggunakan masker.

Jika Anda menggunakan masker, pastikan masker dipakai dan dibuang dengan benar untuk menjaga efektivitasnya dan untuk menghindari risiko penularan virus.

Penggunaan masker saja tidak cukup untuk menghentikan infeksi dan harus dikombinasikan dengan sering mencuci tangan, menutupi bersin dan batuk, dan menghindari kontak dekat dengan siapa pun yang memiliki gejala flu (batuk, bersin, demam).

(Sumber : Unicef.org)

One Commentto HAL-HAL YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG NOVEL CORONAVIRUS (COVID-19)

  1. Batang says:

    Oh ternyata ditemukannya virus covid ini sudah lama ya? Tapi kok kenapa bisa sampe belum ada ati virusnya ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.