PRESENTASI KASUS COAS UKI

Laporan kasus ilmiah yang berisi laporan terperinci tentang gejala dan tanda, cara penegakan diagnosis, pengobatan dan follow-up seorang pasien secara individual. Laporan kasus dapat berisi karakteristik demografi seorang pasien, tetapi paling sering menjelaskan kejadian yang jarang terjadi atau belum pernah ditemui. Karena lapaoran kasus merupakan laporan ilmiah tentang penatalaksanaan suatu pasien di suatu tempat praktek, maka laporan kasus hanya dapat ditulis oleh dokter pemegang/pemeriksa/penanggungiawab pasien tersebut.

Tulisan yang melaporkan kasus lebih dari 1 disebut laporan kasus seri [case series]. Laporan kasus seri [LKS] termasuk penelitian observasional, karena mengikuti perjalanan penyakit beberapa pasien yang diketahui paparannya, atau memeriksa paparan dan hasil dari catatan medis pasien. Menurut jenis observasi yang dilakukan, LKS dapat bersifat prospektif (mengikuti perjalanan penyakit ke depan] atau retrospektif (melihat paparan dan hasil dari catatan medis].

Laporan kasus atau LKS bersifat melaporkan hasil observasi saja, sehingga tidak menampilkan kasus pembanding atau control. Jumlah kasus yang dilaporkan pada LK maupun LKS tidak sebanyak pada penelitian observasional yang lain, sehingga untuk menarik kesimpulan tidak diperlukan analisa atau validitas statistic.



© 2021: | Searchlight Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress