kepatuhan identifikasi pasien - 2021
umlah proses yang telah dilakukan identifikasi secara benar
umlah proses yang telah dilakukan identifikasi secara benar
emergency respon time
Emergency Response Time (Waktu tanggap) adalah waktu yang dibutuhkan mulai pasien dilakukan Triage di IGD sampai mendapat pelayanan dokter
Jumlah pasien gawat, darurat, dan gawat-darurat yang mendapatkan pelayanan kegawatdaruratan dalam waktu ≤ 5 menit
Jumlah seluruh pasien pasien gawat, darurat, dan gawat-darurat yang mendapatkan pelayanan kegawatdaruratan
Waktu Tunggu Rawat Jalan
Jumlah kumulatif waktu tunggu pasien rawat jalan yang disurvey
Jumlah proses pelayanan yang diobservasi
Penundaan operasi elektif
Penundaan operasi elektif adalah perubahan jadwal operasi yang direncanakan
Jumlah pasien yang waktu jadwal operasinya berubah
Jumlah pasien operasi elektif
kepatuhan jam visite dokter spesialis
Kepatuhan Jam Visite Dokter Spesialis sebagai DPJP adalah kunjungan dokter spesialis untuk melihat perkembangan pasien yang menjadi tanggung jawabnya setiap hari sebelum jam 14.00 termasuk hari libur
Jumlah visite dokter spesialis sebelum jam 14:00 pada hari berjalan
Jumlah visite dokter spesialis pada hari berjalan
waktu lapor hasil tes kritis lab
Jumlah visite dokter spesialis pada hari berjalan
Jumlah pemeriksaan laboratorium kritis yang dilaporkan < 30 menit
Jumlah seluruh pemeriksaan laboratorium kritis
kepatuhan penggunaan formularium nasional
Kepatuhan Penggunaan Formularium Nasional adalah kepatuhan para dokter meresepkan obat kepada pasien sesuai dengan daftar obat-obatan Formularium Nasional.
Jumlah resep yang patuh dengan formularium nasional
Jumlah seluruh resep
kepatuhan cuci tangan
Kebersihan tangan (hand hygiene) adalah segala usaha yang dilakukan untuk membersihkan kotoran yang secara kasat mata terlihat dan pengangkatan mikroorganisme yang tinggal sementara di tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir (hand wash) atau dengan cairan berbasis alkohol (handrub) dalam 6 langkah (WHO,2009).
Total kebersihan tangan yang dilakukan.
Total kebersihan tangan yang dilakukan.
kepatuhan upaya pencegahan risiko cedera akibat pasien jatuh pada pasien rawat inap
Disebut patuh apabila melaksanakan seluruh upaya pencegahan jatuh pada pasien yang berisiko sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh rs
Jumlah kasus yang mendapatkan ketiga upaya pencegahan pasien jatuh
Jumlah kasus yang berisiko jatuh. Semua pasien
Kepatuhan Clinical Pathway
Kepatuhan terhadap clinical pathway adalah kepatuhan para staf medis/ DPJP dalam menggunakan clinical pathway untuk memberikan asuhan klinis pasien secara terstandarisasi dan terintegrasi sehingga dapat meminimalkan adanya variasi proses asuhan klinis.
Jumlah kasus yang penanganannya patuh dengan kriteria 5 clinical pathways
Jumlah total kasus yang masuk dalam kriteria 5 clinical pathways yang ditetapkan
Kepuasan Pasien dan keluarga
Identifikasi pasien adalah proses pengecekan identitas pasien menggunakan minimal 2 identitas dari 3 identitas yang tercantum pada gelang, label atau bentuk identitas lainnya sebelum memberikan pelayanan sesuai dengan regulasi yang berlaku di rumah sakit
Hasil Penilaian IKM Jumlah kumulatif hasil penilaian kepuasan dari pasien yang disurvei (dalam prosen)
Skala Maksimal Penilaian IKM Jumlah total pasien yang disurvei (n minimal 50)
kecepatan respon terhadap komplen
Kecepatan respon terhadap komplain adalah kecepatan Rumah sakit dalam menanggapi komplain baik tertulis, lisan atau melalui mass media yang sudah diidentifikasi tingkat risiko dan dampak risiko dengan penetapan grading/ dampak risiko berupa ekstrim (merah), Tinggi (kuning), Rendah (hijau), dan dibuktikan dengan data, dan tindak lanjut atas respon time komplain tersebut sesuai dengan kategorisasi/grading/dampak risiko.
Jumlah komplen yang sudah ditanggapi dan ditindaklanjuti
Jumlah seluruh komplen